Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Ketika kita dihadapkan dengan lembar kerja excel yang lebih dari satu halaman, tentu ada kita tersendiri agar ketika nanti di cetak / print masih mudah membacanya. Jika settingan default excel ketika kamu mencetak halaman lebih dari satu maka halaman kedua dan seterusnya tidak terlihat judul atau sejenisnya, padahal itu sangat memudahkan kita jika bisa di tampilkan. Nah disini penulis akan mengulas cara print judul berulang di excel, sehingga ketika kamu menemui masalah halaman terlalu banyak kamu bisa menggunakan cara print judul berulang di excel ini untuk memudahkan dalam membacanya.
Meskipun cara ini sekilas hampir sama dengan cara membuat baris judul tetap terlihat di excel ketika scroll di geser, karena cara ini lebih beroreintasi pada hasil cetakan/print, sedangkan cara membuat baris judul tetap terlihat ketika scroll di geser berorientasi pada tampilan. Jadi sampai sini sudah ada bayangan dari apa yang saya maksud kan temen-temen ?

Cara print judul berulang di excel
Cara print judul berulang di excel ini sebenarnya cukup simple, namun saya yakin belum semua temen-temen pengguna Ms. Office excel paham akan fungsi ini, maka dari itu yuk simak dulu penjelasannya dibawah ini:
  • Langkah pertama ialah silahkan buka lembar kerja ms excel kamu yang ingin judul tetap terlihat ketika di print, misal dalam contoh kali ini saya akan mengulang judul yang terdapat pada kolom 14 (sesuaikan dengan lembar kerjamu)
  • Setelah itu, pilih menu Page Layout >> Print Titles, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini


  • Pada bagian Print Titles, terdapat dua pilihan:
Rows to repeat at top : untuk membuat baris berulang pada bagian atas setiap halaman.
Columns to repeat at left : untuk membuat kolom berulang pada bagian kiri setiap halaman.
  • Karena pada contoh kali ini saya ingin membuat judul baris berulang di setiap atas halaman, maka saya pilih tanda panah yang ada pada Rows to repeat at top, lalu seleksi kolom judul yang di inginkan, misal contoh kali ini saya memilih baris 14 sebagai judulnya yang ingin di ulang-ulang di setiap halaman ketika di cetak, maka seperti ini


  • Jika sudah yakin klik tombol OK, untuk melihat hasilnya klik print preview dan jika sudah sesuai harapan tinggal di print.
Itu tadi cara print judul berulang di excel yang perlu kamu ketahui, saya kira cara ini sangat membantu untuk lembar dokumen yang cukup panjang, sehingga ketika di print dan dibaca masih kelihatan judulnya.

2 comments:

Unknown said...

Mantabs... Thanks gan ilmunya... Moga sukses terus blognya... ^_^

Hasanaji said...

@Abdur Rofiq : Sama-sama, thanks juga doanya

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib