Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Pernah kamu mengalami data yang kamu ketik di excel ganda (duplikat) ? lalu kamu ingin mencari dan menghapus data duplikat di excel tersebut ? Mungkin cara manual bisa kamu lakukan, dengan mensortir satu persatu data yang sudah kamu masukkan di microsoft excel, namun apakah cara tersebut masih akan kamu lakukan jika data dulikat di excel tersebut sudah mencapai ratusan bahkan ribuan ? Tentu saja cara menghapus data ganda di excel tidak efektif lagi jika hanya menggunakan cara sortir manual, nah disinilah penulis akan membagikan tips sederhana yang mungkin bermanfaat buat temen-temen yang sedang mencari cara menghapus data duplikat di excel.

Cara menghapus data yang sama di excel ini sangat efektif, dan sangat mudah di praktekkan karena tidak memerlukan trik dan tips khusus untuk melakukannya, serta langkah untuk menghapus data yang sama di excel juga tergolong simple.

Cara Menghapus Data Duplikat di Excel
Langkah-langkah untuk menghapus data ganda di excel, data dupilkat di excel:

  • Mulailah dengan memilih atau menyeleksi cell yang ingin anda cari data gandanya, kemudian pilih menu Data >> Remove Duplicates, disini saya contohkan saya akan mencari data siswa yang namanya saja yang sama/duplicate, tanpa melihat kelasnya

  • Maka Ms Excel akan merespon dengan kotak dialog yang akan kamu jadikan bahan acuan dupliate data pada kolom mananya, misal jika dalam contoh ini saya hanya mempertimbangkan menghapus duplikat data di excel berdasarkan nama siswa saja, tanpa mempertimbangkan No urut dan kelas, maka yang saya centang hanya bagian Nama siswa saja.

  • Maka Ms. excel akan membertahukan kepada kamu berapa data yang sama di excel yang sudah dihapus.

Catatan : Semakin banyak opsi yang kamu centang berarti mendakan identitas data yang sama dalam excel harus mempertimbangkan data yang kamu centang tersebut, misal jika dalam contoh diatas saya memilih / mencentang pada pilihan Nama Siswa dan Kelas, maka tidak ada data yang terhapus, karena meskipun di data nama siswa terdapat data yang sama akan tetapi di data kelasnya tidak sama.

Itu tadi Cara Menghapus Data Duplikat di Excel, gimana mudah bukan ? Namun meskipun terbilang mudah saya yakin tidak semua orang mengetahui tips sederhana ini, terutama buat pemula yang masih belajar seputar tutorial dan rumus microsoft excel.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Blogger Templates - Designed by Colorlib